Fungsi Raised Floor pada konstruksi Data Center

Raised Floor adalah sebuah model dan metode konstruksi pada gedung data center melalui cara pembuatan lantai tambahan dengan ketinggian beberapa centi meter dari lantai beton atau lantai utama pada sebuah bangunan.

Rangka konstruksi ini dirancang untuk mengakomodasi beban peralatan pusat data yang diantisipasi. Meskipun model raised floor dulunya merupakan cara standar untuk memberikan daya dan menyediakan konektivitas, model desain yang lebih baru memindahkan kabel ke atas dan menggunakan ruang di bawahnya untuk pipa pendingin air atau aliran udara untuk sistem pendingin lorong panas / lorong dingin.

Dengan metoda Konstruksi pada data center merupakan area raised floor yang dibangun dua inci hingga empat kaki di atas lantai beton cor. Hal ini dibuat untuk menciptakan ruang yang dapat digunakan untuk lalu lintas dan mencitpatakan pendinginan, listrik, dan mekanik. Di pusat data, raised floor juga digunakan sebagai cara mendistribusikan udara dingin.

Dengan menggunakan raised floor, fasilitas tidak hanya mengurangi jumlah udara yang dibutuhkan untuk mendinginkan peralatan, mereka juga membutuhkan lebih sedikit energi dan meningkatkan distribusi suhu di semua kabinet.

Menurut penelitian tentang dampak raised floor pada perilaku termal pada bangunan komersial, keberadaan raised floor berpotensi mengurangi beban pendinginan sebanyak 40 persen. Menggabungkan sistem ini dengan solusi pendinginan AI dapat menghasilkan penghematan yang lebih besar.

Raised floor merupakan salah satu perangkat lantai yang dibutuhkan dalam sebuah kantor atau ruangan tertentu pada berbagai gedung yang dilengkapi dengan data center. Kegunaannya sangat beragam, mulai dari penunjang kenyamanan, estetika serta kemudahan dalam pengaturan kabel dalam ruangan.

Raised Floor Sebagai Solusi Perangkat Lantai Yang Aman dan Nyaman

Raised floor merupakan sistem perangkat lantai yang banyak dibutuhkan pada sebuah bangunan. Sistem lantai ini sendiri memiliki fungsi sebagai akses untuk suatu jaringan kabel data. Jadi, pada suatu ruang tertentu, Anda perlu menginstal perangkat lantai ini ini, seperti halnya untuk :

  • Ruang server
  • Bangking hall
  • Data center
  • Ruang konferensi
  • Office banking area
  • Perkantoran modern

Masih banyak jenis ruangan yang membutuhkan jenis lantai tersebut. Dengan demikian, maka sistem perkabelan dalam sebuah ruang akan lebih aman dan tidak memakan tempat. Jadi, selain fungsionalitas, keindahan ruangan juga jadi pertimbangan tersendiri dalam memasang jenis perangkat lantai tersebut.

Tipe dan jenis dari Raised floor ini sendiri beragam. Beberapa diantaranya adalah steel concrete, calcium sulphate, dan berbagai jenis material serta desain lainnya.

Keunggulan Menggunakan Raised Floor Pada Ruang Data Center

Bagi sebuah data center, menggunakan jenis fitur lantai tersebut memang didasari dengan berbagai alasan, seperti halnya :

Meningkatkan estetika ruangan

Aplikasi dari raised floor akan membuat ruangan lebih rapi dan juga terkesan indah. Kabel-kabel dan pemipaan yang terkesan rumit bisa disembunyikan pada perangkat lantai ini. Belum lagi, ukurannya presisi dan memiliki standart tersendiri. Jadi, ruangan akan nampak lebih estetik dan kantor Anda akan terlihat profesional.

Pemasangan mudah

Hal ini dikarenakan fitur lantai ini memiliki sistem knock down. Pemasangannya pun lebih cepat dan bisa dilakukan di berbagai ruangan. Bukan hanya kantor saja, namun jika Anda memiliki tempat kerja di rumah, maka bisa pula memasangnya karena prosesnya mudah dan cepat.

Elevasi dan ketinggian dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada bagian panel, dapat diangkat sewaktu-waktu. Jadi fitur lantai ini lebih fleksibel dan praktis untuk diterapkan pada berbagai ruangan, termasuk data center. Penggunaan dari raised floor ini juga bisa dibongkar dan dipasang jika sewaktu-waktu jika ingin dipindah ke ruangan atau kantor lainnya.

Mengatur sirkulasi udara

Aplikasi lantai ini sangat berguna dalam mengatur sistem sirkulasi udara sehingga menjadi lebih baik lagi, terutama untuk gedung-gedung bertingkat. Aplikasi fitur ini bisa meningkatkan aliran udara menjadi lebih besar. Kondisi ini sendiri dibutuhkan bagi keamanan ruangan data center karena server dan sistem perkabelan berada di tempat yang tidak terjamah orang banyak.

Penggunaan Lantai Yang Ditinggikan Untuk Berbagai Ruangan

Fitur lantai populer ini sangat cocok untuk berbagai ruangan yang Anda miliki, khususnya yang membutuhkan instalasi kabel listrik yang rumit, seperti halnya :Data center, IT room, Ruang server, Control room dan power room, Office area, dan Studio broadcasting

Masih ada banyak lagi ruangan yang membutuhkan instalasi dari metode ini. Sebelum memasangnya maka Anda bisa menentukan dulu material dan jenis dari fitur tersebut. Pasalnya, di pasaran ada banyak pilihan dari fitur dengan bahan dan produsen berbeda. Bahannya ada yang dari kayu, calcium hingga semen. Tinggi dari raised floor juga beragam, mulai dari 15 cm, 25 cm, 30 cm, hingga 1,5 meter.

Tipe-Tipe Raised Floor yang Bisa Anda Pilih

Selain bahan dan ketinggian yang bervariasi, jenis fitur lantai yang cocok untuk data center ini bisa pula memilihnya berdasarkan tipenya. Berikut ini beberapa tipe dari raised floor yang bisa Anda pilih, yaitu :

Tipe bare atau polos

Tipe lantai ini memiliki bahan dari logam dengan finishingnya berupa vinyl tile atau karpet tile. Aplikasinya bisa untuk menunjang interior dan estetika kantor, termasuk koridor maupun lobby.

Tipe HPL

Tipe jenis ini telah memiliki lapisan berupa bahan vinyl anti statis yang siap penggunaannya sewaktu-waktu. Penggunaannya untuk ruangan IT hingga data center sangatlah ideal.

Beragam pilihan dari raised floor di atas bisa Anda tentukan sendiri. Selain mempertimbangkan budget, Anda bisa tentukan pula pilihannya berdasarkan estetikanya. Fitur laintai ini pun juga bisa menjadi storage place untuk berbagai penyimpanan elektrik hingga mekanik.

Whatsapp
Send via WhatsApp